Pengenalan PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. PHP dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf dan sekarang dikelola oleh The PHP GROUP. Saat ini situs resmi php beralamt di http://www.php.net.

PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman client-side seperti javascript yang diproses pada web browser (client).

Awalnya singkatan dari PHP adalah Personal Home Page .  Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, namun juga website populer digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

Saat ini singkatan PHP berubah menjadi Hypertext Prepocessor , permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri.

PHP dapat digunakan secara gratis dan bersifat open souce. Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web diseluruh dunia. PHP menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

Sebelum belajar PHP, pelajari dulu Materi HTML dan CSS, kenapa? karena PHP tidak bisa berdiri sendiri, dia butuh tempat menampilkan data. Masih bingung perbedaannya?Begini,  misal handphone, case handphone itu HTML, lalu besar kecilnya layar dan warna case itu yang digunakan CSS, untuk menentukan siapa yang dapat login, mensetting handphone itu baru menggunakan PHP. 

PHP digunakan untuk :

  1. Menghasilkan konten halaman web yang dinamis
  2. Membuat, membaca, mengubah, menghapus file pada server dan data di database
  3. Mengambil data dari formulir
  4. Mengirim dan menerima cookie
  5. Mengontrol akses pengguna
  6. Mengenkripsi data

PHP tidak membatasi output dari HTML, anda dapat menampilkan gambar, file, PDF, bahkan film flash. Anda juga dapat menampilkan teks seperti XHTML dan XML.

Kelebihan PHP:

  1. Berjalan pada berbagai platform (Windows,Linux, Unix, Mac OS X, dll)
  2. Kompatibel dengan hampir semua server yang digunakan hari ini (Apache, IIS, dll)
  3. Mendukung berbagai database
  4. PHP adalah gratis. Dapat diunduh dari website resmi www.php.net
  5. Mudah dipelajari dan berjalan efisien pada sisi server

Penulisan PHP

Untuk penulisan php,ditandai dengan tanda tag pembuka(). 

<?php

// untuk menampilkan data gunakan tag echo "string";
// dan setiap akhir perintah diakhiri ;

echo "Team TRAINIT";

?>

Menjalankan PHP di localhost

Untuk cara menjalankan script diatas kita lanjut ke materi selanjutnya Instalasi Web Server.